ads here

Memperbaiki Smartphone Terendam dengan 10 Langkah Mudah

advertise here
Jika anda telah menjatuhkan smartphone anda ke toilet, wastafel atau kolam renang. Jangan panik! Jika anda bertindak cepat, anda dapat mencegah ponsel anda  agar tidak rusak gara-gara terkena air. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan anda bagaimana anda bisa menyelamatkan (atau mencoba setidaknya) smartphone yang baru saja turun atau tercebur ke air.

Pertama-tama, keluarkan smartphone dari air sesegera mungkin. Semakin lama smartphone anda terendam maka akan semakin banyak air atau cairan akan meresap melalui celah-celah dan bukaan dari ponsel anda. Setelah keluar dari air, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan segera, dan hal-hal tertentu anda harus benar-benar menghindari untuk mencegah kerusakan fatal.

Apa yang tidak boleh dilakukan:
  1. Jangan menyalakannya
  2. Jangan tekan sembarang tombol
  3. Jangan mengoyangkannya
  4. Jangan meniup di atasnya. Ini bisa mengirim air ke lain bagian internal dari ponsel ini yang belum tercapai, menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam proses
  5. Jangan panaskan (yang termasuk menggunakan blow dryer atau microwave)


10 Langkah Mudah Memperbaiki Smartphone yang Terendam:

  • Matikan smartphone anda (jangan dinyalakan).
  • Lepas setiap casing pelindung dan, jika ponsel anda memiliki, keluarkan kartu SIM dan kartu microSD dari slot.
  • Membuka kembali dan keluarkan baterai, SIM card(s) dan kartu microSD (catatan: bahwa ini tidak akan mungkin dengan semua model ponsel).
Lepaskan baterainya

  • Gunakan kain, lengan atau handuk kertas untuk mengelap ponsel anda hingga kering. Hindari menyebarkan cairan di sekitar, karena itu bisa mendorong ke lebih dari ponsel bukaan. Hanya menyerap sebanyak mungkin.
Lap dengan kain kering
  • Jika air semakin melebar, anda bisa menggunakan vakum, tapi hati-hati menghisap air terjebak dari celah-celah yang sulit. Pastikan setiap bagian-bagian kecil, seperti kartu microSD, kartu SIM, atau baterai telah dikeluarkan sebelum mencoba cara ini.
  • Mengubur ponsel dalam tas yang penuh dengan beras. Beras ini bagus untuk menyerap cairan dan ini sebenarnya adalah sebuah metode umum untuk mengeringkan smartphone dan tablet. Anda juga dapat membeli telepon khusus pengeringan kantong, yang berharga di rumah jika anda adalah jenis canggung. Jika anda tidak memiliki di rumah, jangan repot-repot pergi keluar untuk membeli. Memang, waktu adalah hal yang utama, agar smartphone anda ditimbunberas sesegera mungkin.
  • Biarkan ponsel anda kering selama satu atau dua hari. Jangan tergoda untuk melihat apakah masih bekerja. Pasang kartu SIM di smartphone lama, atau meminta teman atau keluarga jika mereka memiliki cadangan yang anda dapat meminjam.
Biarkan smartphone anda kering
  • Setelah beberapa hari, anda dapat mengeluarkan smartphone anda dari beras tadi, masukkan baterai ke dalam smartphone tersebut dan mulailah mengaktifkan smartphone anda.
  • Jika smartphone anda tidak mau menyala, cobalah melakukan pengisian. Jika tidak mengisi (baterai dapat rusak). Anda bisa mencoba pengganti baterai, atau mempertimbangkan untuk mengambil smartphone anda ke tempat servis untuk diperiksa oleh seorang profesional.
  • Jika ponsel anda telah diaktifkan dan itu berjalan sebagaimana mestinya, anda masih harus memastikan apakah semua berfungsi secara normal. Mainkan beberapa musik untuk memeriksa speaker dan memastikan layar sentuh masih merespon sebagaimana mestinya.
Semoga langkah di atas berhasil
Nantinya, hindari membawa smartphone anda  ketika anda pergi ke kolam renang, kamar mandi atau mencuci piring. Mudah-mudahan langkah di atas telah membantu anda menyelamatkan smartphone anda dari kerusakan karena tenggelam.

Jika anda ingin melindungi ponsel anda dari air nantinya, anda juga dapat membeli waterproof phone case. Ada beberapa pilihan yang tersedia dari merek-merek seperti Otterbox, Griffin Survivor dan Katalis.

Beberapa smartphone yang diiklankan sebagai "tahan air". Diketahui bahwa ketika produsen smartphone mengatakan ini, itu hanya berlaku dalam keadaan tertentu. Ponsel ini tahan terhadap air sering tergantung pada kejernihan air, kedalaman perendaman, dan panjang waktu yang terendam. Kami tidak menyarankan menenggelamkan setiap smartphone dalam air kecuali benar-benar tanpa kesengajaan.

Apakah anda memiliki tips lain tentang bagaimana cara untuk memperbaiki smartphone akibat terendam air? Apakah saran kami membantu anda? Silahkan berkomentar.

BERIKAN KOMENTAR ()