ads here

Motive Deddy Corbuzer: 8 Alasan Kuliah Tidak Lagi Penting

advertise here

"Kuliah menjamin suksesnya hidup Anda adalah hal paling bodoh yang pernah saya dengar selama hidup saya", ucap Deddy Corbuzer

Dalam video yang diunggah di Channel Youtube-nya, Deddy Corbuzer menjelaskan dalam video dengan durasi 7 menit tentang 8 Alasan Kuliah Tidak Lagi Penting. Ia menjelaskan satu per satu secara detail tentang 8 alasan mengapa kuliah sudah tidak lagi penting. Berikut uraiannya:

1. Ketinggalan Jaman

Kalau dulu ketika anda kuliah maka anda akan berbeda dengan orang-orang yang tidak kuliah, karena dulu sedikit sekali orang yang kuliah. Tapi saat ini, ketika semakin banyak orang yang kuliah maka anda adalah satu dari jutaan orang kuliah sekarang ini. Lalu apa spesialnya anda kuliah?

Sekarang ketika anda mendapatkan gelar, anda masih bingung mau cari kerja apa. Dulu ketika anda kuliah, anda hanya bisa mendapatkan ilmu di kampus. Tapi sekarang, anda bisa belajar dari mana saja, dan anda tidak perlu kuliah untuk belajar. Itulah mengapa kuliah ketinggalan jaman.

2. Mahal

Pada jaman sekarang ketika anda kuliah anda menghabiskan uang jutaan, puluhan, bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk masuk ke perguruan tinggi yang anda inginkan. Itu belum termasuk biaya semester dan biaya tambahan lainnya. Bayangkan uang sebanyak itu yang anda minta dari orang tua kalian untuk membangun infrastruktus bangunan kuliahnya. Lalu apa yang anda dapat ketika membayar uang sebesar itu? Nothing!

Anda bisa menggunakan uang sebanyak itu untuk membuat hal-hal yang lain, misalnya membangun sebuah bisnis. Kuliah terlalu mahal. Dan itulah mengapa kuliah menjadi momok. Anda  hanya menghabiskan uang orang tua kalian dan setelah selesai anda tidak tahu mau jadi apa.

3. Kuliah Murah

Seandainya pemerintah kita membuat kuliah gratis seperti di Jerman. Dan jika di masa depan kuliah akan beneran gratis, ini lebih masalah lagi. Kenapa? Karena kalau kuliah gratis artinya semua orang pergi kuliah, semua orang. Lalu jika semua orang kuliah, apa spesialnya diri anda?

4. Salah Jurusan

Apakah anda termasuk orang yang salah jurusan? Tahukah anda bahwa lebih dari 50% mahasiswa salah mengambil jurusan. Namun, mereka tetap masuk dan berpikir "Ya sudahlah, yang penting saya kuliah". Right?

5. Gaji UMR

Gaji pegawai toko sama dengan gaji S1. Anda tidak percaya? Buktikan setelah anda lulus S1 dan anda melamar pekerjaan, lalu gaji anda berapa sih? UMR? Atau mentok lebih dari UMR? Sama dengan gaji orang yang menjaga toko.

Oke, anda akan mengatakan "Tapi kalau saya kuliah maka jenjang karir saya akan naik, saya bisa dapatkan gaji lebih baik lagi". Anda pikir itu karena anda kuliah? atau karena pengalaman kerja anda? kan itu caranya sukses, you wrong!

6. Tidak Ada Garansi

Tidak ada garansi sama sekali ketika anda kuliah maka hidup anda akan sukses. Dapat kerjaan aja tidak. Dari mana anda bisa sukses? Anda tidak bisa mengatakan kalau kuliah itu menjamin saya akan sukses. Berikan saya satu kampus yang menjamin kesuksesan hidup anda kelika anda kuliah.

Deddy Corbuzer dulu pernah mempunyai teman-teman yang luar biasa pintarnya di bangku kuliah dan mereka malah tidak dapat kerjaan. Mereka malah memilih untuk berdagang.  Artinya ketika anda kuliah atau tidak kuliah, tidak ada orang satupun yang menjamin anda sukses.

7. Statistically Wrong

Secara statistik lebih banyak orang yang sukses dan kaya dalam hidupnya dan mereka tidak kuliah. Dan secara statistik juga, lebih banyak orang yang kelar S1 atau S2 kerja di kantor dengan gaji pas-pasan, mobil cicil dan rumah masih kontrak.

8. Kuliah Beda dengan Realita

Keadaan dalam kuliah berbeda dengan keadaan anda di luar. Misalnya anda belajar hukum di Universitas, ketika anda salah maka begini. Tapi ketika anda diluar menjadi pengacara, tidak semudah itu.

Di dalam kuliah, anda hanya diajarkan 1 + 1 = 2. Kehidupan aslinya 1 + 1 bisa saja 3 (kalau ada yang ngasih) dan bisa saja tetap 1 (kalau ada yang ngambil). Dan itu tidak diajarkan di tempat kuliah anda. Dagang cara untungnya adalah, beli yang murah jual lebih mahal. Mereka tidak mengajarkan bagaimana jika anda bangkrut, bagaimana jika anda ditipu. Karena itu adalah hal yang nyata yang akan anda alami di kehidupan nyata, dan itu tidak diajarkan di bangku kuliah.

Lalu apa yang anda dapatkan? Yang anda dapatkan hanyalah hal yang bisa dengan mudah didapatkan di Wikipedia. Serius?

Inilah 8 alasan kuliah tidak penting lagi, berikan komentar anda di bawah ini ketika anda setuju ataupun tidak. Semoga dengan ini kalian lebih bisa berfikir lagi untuk kedepannya. Nantinya Deddy Corbuzer akan membuat video lagi tentang bagaimana caranya sukses tanpa kuliah.

BERIKAN KOMENTAR ()