ads here

Jokowi Minta Jurusan Media Sosial di Universitas Menuai Kontroversi

advertise here

Perkataan seorang presiden, meskipun hanya sebuah kelakar, tetap akan menarik perhatian nasional. Oleh karena itu, dalam pidato-pidatonya, presiden tidak boleh asal bicara. Setiap apa yang dikatakan akan menjadi sebentuk penyataan yang harus dapat dipertanggungjawabkan. Seperti ucapan Presiden Jokowi pada tanggal 11 September 2017 lalu dalam pidatonya di acara Dies Natalis ke-60 Universitas Padjajaran, Bandung. Dalam pidato tersebut, Jokowi mengucapkan usulan yang setengah bercanda. Beliau menyatakan bahwa seharusnya universitas-universitas di Indonesia memiliki fakultas baru yang mempelajari media sosial dengan jurusan meme dan animasi. Pernyataan ini sontak saja memecahkan tawa ribuan penonton yang berada di Graha Sanusi Hardjadinata tersebut.

Menurut Jokowi, sudah waktunya universitas di Indonesia berinovasi dengan berbagai jurusannya. Selama ini memang universitas di Indonesia jarang melakukan perubahan terhadap pilihan fakultas dan jurusannya. Padahal, menurut Jokowi, perubahan yang terjadi di dunia sangatlah cepat dan membutuhkan aksi serta tanggapan yang juga cepat dari dunia pendidikan. Media sosial menjadi salah satu yang menurut Jokowi dapat mengubah lanskap politik dan ekonomi negara serta dunia ke depannya. Oleh karena itu, ada baiknya jika universitas di Indonesia menanggapi perubahan ini dengan membuka program studi baru yang berfokus pada media sosial.

Hmm, jika usulan Jokowi ini ditanggapi dengan serius oleh akademisi, kira-kira apa saja ya yang akan dipelajari melalui program studi Medsos? Melalui penerawangan, kira-kira sembilan mata kuliah ini nih yang akan dipelajari dalam program studi media sosial!
  1. Kekuatan Media Sosial Indonesia (KMSI)
  2. Etika dalam Media Sosial (EMS)
  3. Psikologi Netizen (PN)
  4. Metode Riset Media Sosial (MRMS)
  5. Pengantar Studi Selebriti Internet (PSSI)
  6. Kajian Fotografi Dasar (KFD)
  7. Pengantar Studi Estetika (PSE)
  8. Analisis Dasar Instagram (ADI)
  9. Gerakan Politik Ekonomi Facebook (GPEF)
Gimana? Kamu tertarik untuk menuntut ilmu dalam prodi Media Sosial ini? Nanti kamu akan dapat gelar yang unik lho, yaitu Sarjana Media Sosial atau bisa disingkat menjadi SMS.
BERIKAN KOMENTAR ()