ads here

Yang Harus Dilakukan Ketika Lolos Seleksi Berkas CPNS Kemenkumham 2017

advertise here

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung pada Selasa (5/6/2017). Namun masih ada tahapan selanjutnya yang harus dilalui oleh CPNS untuk bisa menjadi PNS.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, sampai saat ini total jumlah pendaftar CPNS di dua instansi pemerintahan tersebut mencapai 1.146.853 pelamar.

"Dari jumlah itu nanti yang memenuhi persyaratan administrasi saja yang akan lulus, tidak ada kuotanya berapa," tegas ucapnya.

Mekanisme pengumumannya, dikatakan Ridwan, sama seperti pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yaitu dengan cara login, lolos atau tidaknya, maka akan ada notifikasi yang muncul. Jika lolos, peserta diminta untuk mencetak nomor ujian untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Nomor ujian tersebut, nantinya digunakan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD ini akan dilakukan di masing-masing regional dan dilakukan dengan mekanisme CAT.

"Di seleksi ini, nanti baru disaring, maksimal tiga kali jumlah jabatan yang dibuka. Misalkan untuk hakim itu kan ada 1.600, jadi yang akan lolos hanya 4.800 pelamar," tegas Ridwan.

Sebanyak 4.800 pelamar yang lolos SKD ini nantinya akan mengikuti seleksi selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang yang juga menggunakan sistem CAT.

"Kalau lolos, baru masuk yang terakhir, yaitu seleksi kompetensi bidang melalui wawancara," tutup dia.

Dari jadwal yang sudah ditentukan sejak awal, seluruh seleksi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung ini akan selesai pada 16 November 2017. Semoga terus lulus tahapan-demi tahapannya, jika belum, mungkin rejekinya ada di tempat lain.
BERIKAN KOMENTAR ()