ads here

(E-Book) Buku Pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2017

advertise here

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 yang merupakan integrasi dan sekaligus metaforfosis dari berbagai jenis kompetisi mahasiswa bidang penalaran atau karya ilmiah yang ada saat itu. PKM terdiri atas 2 kategori besar yaitu 5 bidang PKM yang berbasis proposal, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kategori kedua adalah PKM yang berbasis artikel ilmiah yaitu PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM- Gagasan Tertulis (PKM-GT). Mulai tahun 2016 PKM dikelola di bawah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Sebagai bentuk upaya peningkatan mutu berkelanjutan maka setiap tahun dilakukan revisi pedoman. Buku Pedoman PKM 2017 untuk pembiayaan PKM tahun 2018 ini merupakan revisi Pedoman PKM 2016 yang berfokus pada perbaikan proses pengusulan proposal selain beberapa aspek lainnya. Sesuai dengan data beberapa tahun terakhir, jumlah proposal yang masuk terus meningkat namun belum diiringi dengan perbaikan mutu secara signifikan yang terbukti dari masih tingginya proposal yang gugur pada penilaian tahap awal. Dengan demikian peningkatan mutu proposal mutlak dilakukan melalui seleksi atau penilaian internal Perguruan Tinggi.

Selain itu sebaran Perguruan Tinggi baik dari segi jumlah institusi, jumlah proposal yang masuk, proposal yang didanai dan yang terpilih mengikuti Pimnas masih terbatas pada perguruan tinggi dan wilayah tertentu. Kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam perbaikan pedoman ini, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya.

Untuk teman-teman yang sedang membutuhkan Buku Pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2017 bisa langsung dilihat pada tautan yang ada di bawah ini:


BERIKAN KOMENTAR ()